Dari Jantung Hingga ke Otak, Begini Cara Tekanan Darah Tinggi Berdampak ke Organ Tubuh

Hipertensi / tekanan darah tinggi

VIVA Lifestyle – Penyakit kardiovaskular adalah salah satu penyebab utama kematian di dan di seluruh dunia. Di antara faktor risiko terbesar adalah tekanan darah tinggi, yaitu ketika kekuatan darah yang mengalir melalui pembuluh darah secara konsisten dan sangat tinggi. 

Jika tidak ditangani dan tidak diobati, tekanan darah tinggi dapat memiliki efek berbahaya tidak hanya pada jantung Anda, tetapi juga seluruh tubuh Anda, yang berdampak negatif pada kualitas hidup. Scroll untuk simak artikel selengkapnya. 

Bagaimana hipertensi memengaruhi sistem peredaran darah 

Dilansir dari Times of India, sistem peredaran darah kita terdiri dari empat komponen utama termasuk jantung, arteri, vena dan darah. Tekanan darah tinggi dapat memengaruhi sistem peredaran darah Anda dengan merusak arteri, membuatnya kurang elastis, mengurangi aliran darah dan oksigen ke jantung dan mendorong pembuluh darah untuk bekerja lebih keras dan efisien. 

Oleh karena itu, ini menyebabkan kerusakan pada jaringan atau organ, yang pada gilirannya menyebabkan penyakit jantung. Tekanan darah tinggi menyebabkan berkurangnya aliran darah dan oksigen ke berbagai bagian tubuh termasuk otak. Hal ini dapat menyebabkan masalah memori dan berpikir. Kerusakan yang sama yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi pada pembuluh darah dan arteri di jantung dapat terjadi pada arteri di otak. 

Ketika ada penyumbatan yang lebih besar di arteri yang terhubung ke otak, itu bisa menyebabkan stroke. Yang mengatakan, jika bagian dari otak tidak bisa mendapatkan cukup darah atau oksigen, sel-sel mungkin mulai binasa, menyebabkan gejala neurologis termasuk sakit kepala, mual, gangguan penglihatan dan kejang.

1. Kerusakan pada ginjal

Sumber: www.viva.co.id

Related posts