Rumah Sakit Cemas Pasokan Air Minum Langka saat Musim Lebaran

Ilustrasi minum air/air putih.

Kamis, 13 April 2023 – 01:18 WIB

VIVA Lifestyle – Ribuan Rumah Sakit di seluruh Indonesia menggantungkan sumber air minum dari produk air kemasan galon. Mereka khawatir pembatasan truk pengangkut air kemasan galon akan menimbulkan gangguan pasokan air minum ke rumah sakit-rumah sakit dan ini sangat membahayakan kesehatan pasien serta kondisi sanitasi dan higienis layanan rumah sakit.

Read More

Ada ratusan rumah sakit di Jabodetabek yang bisa terdampak dari kebijakan pembatasan operasi truk sumbu 3 pengangkut air kemasan galon pada musim mudik Lebaran di akhir April hingga awal Mei 2023. Pembatasan ini dilakukan Kemenhub di tengah imbauan presiden untuk memperbaiki manajemen mudik yang seharusnya tidak mengganggu pasokan bahan makanan minuman termasuk air kemasan. Scroll untuk info selengkapnya. 

“Setiap hari kami menghabiskan 300 galon air kemasan untuk kebutuhan layanan rumah sakit. Bagaimana jika nanti tidak ada pasokan? Bisa kacau layanan kami dan membahayakan kesehatan pasien,” kata Yani, Kepala Purchasing Rumah Sakit Tugu Ibu Depok, dalam keterangannya, Rabu 12 April 2023. 

Ilustrasi rumah sakit.

Dia mengatakan air galon ini digunakan untuk air minum para pasien dan para pegawai rumah sakit, dan juga untuk memasak makanan para pasien. Karenanya, dia berharap suplai air dari agen tidak terhambat pada saat Lebaran nanti yang dikarenakan adanya pelarangan dari transportasi yang mengangkut air galon ini.

“Saya berharap tidak terjadi kelangkaan air galon ini pada saat Lebaran nanti ya. Sebab kalau sampai terjadi kelangkaan bagaimana dengan nasib para pasien kami nantinya,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan pihak Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). Menurut salah satu staf instalasi gizi RSUI, setiap hari dibutuhkan sekitar 100 air galon untuk keperluan air minum para pasien dan pegawai serta untuk memasak makanan pasien. 

Halaman Selanjutnya

“Setiap hari pihak agen air galon harus mengirimkannya kepada kami,” tuturnya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

Related posts